Terima Kasih

Pendaftaran untuk menjadi Muzakki sudah kami terima, data diri anda segera kami proses.

[email protected]

Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah DKI Jakarta                    

Kabar Zakat

Anies Berharap Zakat BAZIS Jakarta Bisa Tembus Rp300 Miliar

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) yang dikelola Bazis Provinsi DKI Jakarta dari tahun ke tahun mengalami tren kenaikan dimana tahun ini mengharapkan kenaikan menjadi Rp300 miliar

"Saya berharap target Bazis DKI sebesar Rp300 miliar tercapai, kita akan bantu dan kita akan dorong capaian itu," ujar Anies di Jakarta Selatan, Kamis (31/5/2018), saat penyerahan penghargaan kepada para Muzakki.

Sebelumnya, pada tahun 2016 terkumpul sebesar Rp154 miliar dan pada tahun 2017 sebesar Rp192 miliar. Pemprov DKI sendiri siap mendorong pencapaian ZIS Pejabat, Perusahaan, dan Pribadi yang jumlah totalnya baru terkumpul Rp4,2 miliar.

Acara tersebut diikuti Anies di Peduli Umat yang merupakan even tahunan Bazis Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan tersebut dalam rangka pengumpulan ZIS dari para Muzakki dan menyalurkannya kepada 4.000 Mustahik. Hasilnya dalam acara tersebut didapat bantuan ZIS untuk biaya penunjang pendidikan sebesar Rp4 miliar lebih dan disalurkan kepada 310 yatim, 1.086 dhuafa, 2.438 guru bantu, 165 petugas masjid dan satu kali bedah rumah bagi dhuafa. Khusus bantuan terbesar, berasal dari Pemkot Jakarta Selatan sebesar Rp3,2 miliar.

Kemudian untuk sekelas BUMD yang terbesar menyumbang adalah Bank BJB Rp1,6 miliar, lalu ada Bank DKI Rp570 juta, diikuti PD Pasar Jaya Rp260 juta, serta Dinas Kesehatan Rp120 juta. Sementara itu, Anies ikut juga menyumbang sebesar Rp75 juta melalui Bazis. Gubernur menegaskan zakat punya peran penting dalam selesaikan masalah ketimpangan yang ada di Jakarta. Maka mekanisme distribusi bantuan ekonomi lebih efektif dan merata melalui zakat.

"Manajemen Zakat harus juga bisa ditingkatkan. Kita berharap perhatian yang diberikan bisa lebih besar," tutur Anies

Selain itu, Bazis DKI memiliki berbagai program selain penyaluran zakat, seperti bedah rumah, beasiswa dan bantuan usaha.

"Pengelolaan zakat ini penting karena zakat sebagai penyeimbang dan bisa menyelesaikan masalah ketimpangan," pungkas Anies.

Copyright © 2016 Bazis DKI Jakarta